Jumat, 27 Agustus 2010

5 Alasan Tepat Menolak Pekerjaan

okezone.com

Siapa si yang gak butuh pekerjaan??? Semua orang memang membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, tak semua tawaran pekerjaan yang datang adalah pekerjaan yang tepat untuk kita. Nah, bagaimana mencari tahu apakah sebuah tawaran pekerjaan tepat atau tidak? Ada beberapa tips yang bisa temen-temen coba….

1. Perusahaan tersebut sedang kolaps
Sebenarnya mudah saja untuk mengetahui kondisi ”kesehatan” sebuah perusahaan. Jika perusahaan tersebut adalah perusahaan publik, Anda bisa mencarinya di internet atau membaca berita di media massa. Namun, jika perusahaan ini adalah perusahaan privat, kita dapat berpura-pura menanyakan bagaimana perkembangan perusahaan selama dua atau setahun terakhir atau kita bisa mencari tahu dari karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut..…

2. Proses wawancara berlangsung lama atau tidak terorganisir dengan baik
Jika perusahaan membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu atau tiga sampai empat kali wawancara untuk memberikan keputusan final, maka ini bisa menjadi tanda bahwa tak ada koordinasi yang baik di perusahaan tersebut. Ini berarti bahwa setiap orang di perusahaan tersebut merasa harus terlibat langsung dengan calon pekerja, bukan memercayakannya pada pihak yang seharusnya bertanggung jawab….

3. Punya perasaan tak enak
Jika temen-temen merasa tak nyaman dengan perusahaan atau bidang yang ditawarkan maka jangan menerima tawaran tersebut. Kondisi yang tak nyaman tersebut seperti lingkungan kerja, budaya perusahaan, rekan kerja, atau peraturan baku yang harus dipatuhi. Dalam hal ini, Anda harus memercayai insting Anda karena bisa jadi insting tersebut mampu menangkap hal yang tidak dapat ditangkap mata Anda….

4. Gajinya di bawah perkiraan
Mungkin bagi temen-temen gaji bukan merupakan criteria utama dalam menerima pekerja, namun besaran gaji dalam kriteria penting untuk menerima pekerjaan, tetap saja gaji yang terlalu kecil tidak akan bisa membayar kebutuhan hidup Jadi pertimbangkan baik-baik jika Anda ingin memutuskan mengambil pekerjaan yang gajinya di bawah standar hidup Anda….

5. Bertentangan dengan prinsip, moral, dan gaya hidup
Mencari pekerjaan memang sulit, namun jika Anda harus mengorbankan harga diri Anda untuk pekerjaan tersebut yang bertentangan dengan prinsip dan nilai-nilai hidup yang Anda pegang teguh itu ngak juga kali...

Dalam memilih pekerjaan tidak semua pekerjaan itu harus kita terima.
kita harus menilai dahulu apakah pekerjaan tersebut baik atau tidak. Jika perusahaan tersebut sedang kolaps, janganlah kita memilih perusahaan tersebut. karna buat apa kita hanya kerja untuk beberapa saat saja.
Begitu juga jika kita memiliki feeling yang tidak baik terhadap perusahaan tersebut mending kita menolak pekerjaan tersebut. Buat apa kita bekerja di lingkungan yang tidak kita sukai, yang budayanya bertentangan dengan pribadi kita.
Sama halnya jika pekerjaan tersebut memiliki gaji yang rendah. Kita harus bekerja selama dengan waktu yang lama namun gaji yang kita terima tidak sepadan.
Buat apa kita bekerja di tempat yang akan merusak moral kita, yang akan membuat kita malu.


So... Jangan sembarangan terima kerjaan ya...
Pilih2 dulu...hehhehe... 

5 komentar:

  1. betul betul betul, kayak point ke3 itu tu, kita kerja stengah mate,dibayar sedikit cian bangettt kan,
    so pilih dipilih, jangan asal milih aja :)

    BalasHapus
  2. yipie.. studju banget... ^^
    smua orang emanx perlu pekerjaan tapi tetap harus sesuai dengan kondisi dan kenyamanan pribadi kita..
    tapi lebih enak jadi entrepreneur kali ya.. smoga kita smua bisa sukses jadi entrepreneur hahaha...

    BalasHapus
  3. iya dunk jgn asal caplok pekerjaan...kita jual mahal dikit gpp lah...hehehe....betul jg kt herna klo ad kesempatan lebi baik berwirausaha,,hehe
    sekalian dunk join blog g di
    http://noviatysnews-blog.blogspot.com

    BalasHapus
  4. hahaha
    novai promosi mulu
    hehehe

    bgs nih infonya
    kerja jgn asal nrima aja
    tp disortir dl
    pkirkan dengan hati nurani jg
    turutin suara hati
    hehe


    ver'z
    ^^

    BalasHapus
  5. betul2....
    mending kita jual pulsa.....
    klo mau beli pulsa hubungi saya d 085252285988
    ttd:juliady

    BalasHapus